kreatif pada tempatnya;

Biar Tes Verbal Sinonim TPA Cepet Hafal

Ahahaha! Jadi begini.. kemarenan gue kan ada Tes Potensi Akademik (TPA) gitu, nah.. gue mulailah belajar dikit-dikit tentang apa sih TPA itu, gue bener-bener buta karena emang nggak pernah tes kayak gitu. Setelah dicari tahu, ternyata soalnya kayak tes psikologi gitu yee.. hahaa.. okelah, dalam waktu tes yang tinggal dua hari lagi, gue pun belajar (sistem kebut-kebutan semalam seperti gank motor). Gue belajar pake e-book (nemu dari kaskus wkwkwk), akhirnya gue telusuri deh itu halaman per halaman... hingga gue pun tertuju pada yang namanya Tes Sinonim. Tes Sinonim yang ada di bagian Tes Verbal ini contoh soalnya begini nih:


TES SINONIM


24. EGALITER
     A. SUKA MEMERINTAH
     B. OTORITER
     C. SEDERAJAT
     D. MILITER
     E. TENTARA


Nah, kita disuruh nyari persamaan/sinonim dari kata EGALITER itu apa... ckckck.. gue merasa ini adalah soal-soal yang masuk kategori sulit.. kalau nggak pernah tahu atau denger tuh kata-kata kan nggak bisa jawab. Pfftt.. akhirnya gue liat di tuh e-book bagian paling akhir, ternyata di situ dikasih "Daftar-daftar kata yang sering keluar dalam Tes Verbal TPA". Wah asyik! Gue bisa ngafalin nih, dapet kata-kata baru.. eh pas gue liat ternyata ada lebih dari 100 kata yang harus dihafal -___-" hadeeuuh... jam waktu itu menunjukkan pukul 10 malam lewat dikit, tiba-tiba THINK! :gue dapet ide!.. gue pun memutuskan untuk memakai metode jembatan keledai, yaitu metode sambung-sambungin sesuatu dengan sesuatu yang lain biar gue cepet inget dan nggak gampang lupa. Karena gue tipe visual alias yang cepet ngerti kalau liat gambar-gambar, gue pun memutuskan untuk membuat jembatan keledai mengenai kata-kata sulit di tes sinonim ini dengan membuat (seperti) komik. Gue buatnya pake photoshop.. (emang sih kurang kerjaan pake photoshop segala, nyusahin aja hahaa... ). Inilah beberapa karya fenomenal yang berhasil dibuat itu:



Gambar Geblek 1 <
Yang ini untuk kata-kata:

  • Laik=Layak
  • Anonim=Tanpa Nama
  • Artifisial=Buatan
  • Panorama=Pemandangan

Gambar Geblek 2 <
Yang ini untuk kata-kata:
  • Pandir=Bodoh
  • Efektif=Manjur, Berhasil
  • Egaliter=Sederajat
  • Eklektik=Suka pilih-pilih
  • Faksi=Golongan


Gambar Geblek 3 <


Yang ini untuk kata-kata:
  • Kontribusi=Sumbangan
  • Komplemen=Pelengkap
  • Nomadik=Tinggalnya tidak tetap
  • Ambigu=Mendua
  • Kompleksitas=Kerumitan


Lalu Gambar yang ke-4 manah?.. hahaa... yang ke-4 gak ada.. jam udah menunjukkan pukul 2 malem dan gue di jam itu tersadar akan sesuatu: EH! MASIH ADA RATUSAN YANG BELOM DIBUAT! GUE KAYAK GINI MALAH NGABISIN WAKTU! Belom soal-soal yang lain..!. Akhirnya, walau jembatan keledai gue berhasil membuat gue cepet inget dan nggak gampang lupa, tapi gue putuskan untuk menghentikan jembatan keledai seperti ini, gue sadar cara kayak gitu ngabisin waktu buanyak banget (apalagi pake photoshop, kenapa nggak pake tangan aja :baru nyadar). Gue malah lama di nge-design, mikirin konsep kreatif, nyari gambar di google, ketawa-ketiwi, nyambung-nyambungin gambar, pilih warna, dan lain-lain yang alias kalau diterjemahkan nggak nyambung sama sekali dengan Tes Potensi Akademik yang besok harus gue hadapin. Tersadar dari keserupan itu, gue pun balik dengan cara konvensional, menghapal satu-satu.. -___-"..

Hahaa.. dan begitulah. Gue malah ketiduran gara-gara kecapek-an dan hafalan gue nggak nyampe setengahnya plus soal-soal tipe lainnya belom gue jamah. Ternyata, kreatif itu juga haus tau situasi dan kondisi.. hahaa... (dalam kondisi menghadapi suatu tes pada esok hari, hal yang gue lakukan diatas bukanlah hal kreatif.. lebih tepatnya disebut: hal bodoh)..

Dan lo tau, apa yang paling apes lagi? ternyata soal Sinonim SAMA SEKALI nggak keluar di hari tesnya.. Owrait! gondok juga sih.. tapi yasudahlah, sudah lewat ini hehehe... 

Okeh sampai jumpa lagi ya di postingan berikutnya.. hahaaa....

Bantu Blog ini! Untuk membantu kelangsungan hidup blog ini klik di sini

3 komentar:

Si pendukung orang GEBLEK !! said...

Geblek banget lu !!
Pasti skor TPA lu anjlok alias jebluk !!
Silahkan lu buat gambarnya sinonim anjlok = jebluk !!
Biar lu makin geblek !!

Sylvi said...

bagi ebook nya bisa kali ya =))

Virginia said...

Kreatif + niat sekali kak pake photoshop segala . Tp baguslah,termotivasi jadinya wkwkkw

© 2011 Pekerja Kreatif, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena