kreatif pada tempatnya;

Ngomongin Branding | 1

Hai-hai, ketemu lagi di tanggal 16 Agustus 2011 hari ini.. besok udah hari lahirnya Indonesia loh, 17-an. Besok nggak ada deh yang namanya lomba-lomba 17-an, soalnya banyak lombanya yang bikin batal puasa, dimulai dari lomba makan kerupuk sampe nyari duit di tepung terigu (kalo tepung terigunya ketelen sih.. hehe). Coba lombanya bikin robot, bikin mesin alternatif untuk mengefektifkan perindustrian, atau lomba bikin jaringan telekomunikasi bawah sumur.. pasinya puasa jalan, lombapun tetep jalan. Sayangnya, 66 tahun merdeka, lombanya masih berhubungan dengan makanan, udah gitu makanannya kerupuk, bukan nasi padang yang agak elitan dikit.


Okey, maap kalo ocehan di atas nggak nyambung sama bahasan yang sekarang, yaitu mengenai: BRANDING. Hehehe..


Tulisan awal ini akan menjadi pembuka untuk beberapa tulisan yang lain mengenai Branding ya.. :)

Brand dan Branding beda ya? iya beda lho.. nah kita bakal bahas dari artinya aja dulu ya.. dalam bahasa Indonesia, Brand artinya Merek. Ya, merek yang dimiliki oleh perusahaan. Nah, kalo Branding apa? Branding itu adalah berbagai kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan untuk membangun dan membesarkan Brand perusahaan tersebut. Mudahnya, misal: Brand=Extra Joss, Branding=Membuat iklan yang berkarakter LAKI!. Memakai Aderai yang ototnya udah kayak bantal guling dicekek sebagai model misalnya, dll. 



Jadi, Branding memang lebih ke arah prosesnya, proses pembinaan brand tersebut agar menjadi seperti yang kita inginkan.. sama persis kaya seorang ibu yang merawat anaknya, mau jadi apa kedepannya tuh anak? Presiden atau Perampok Uang Wisma Atlet..?

Sebenernya banyak hal yang harus diketahui dan dilakukan untuk membangun brand. Makin kesini (era new wave marketing), branding telah menjadi sesuatu yang penting karena sekarang zaman sudah terlalu kompetitif, tidak sekedar kompetitif.. banyak banget brand di luar sana yang bermunculan tiap detiknya, bikin kepala pusing.. belom sebulan udah ganti hape, beli BB-ganti android-ganti iPhone, milih sepeda fixie yang mana ya, dll. Kehidupan telah berubah, begitu banyak hal yang dijual, brand telah membludak.. nah, Branding adalah solusi yang tepat bagi perusahaan, fungsinya sebagai PEMBEDA di antara ribuan bahkan jutaan brand lain di luar sana. Jika ada kumpulan sapi hitam namun di tengah-tengahnya ada seekor sapi putih, pasti yang paling dilihat adalah sapi putih itu. Itulah branding.. proses yang membuat berbeda sebuah brand agar terlihat, teringat, dan akhirnya dipilih.

Sumber Image:https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjv_wVzKgKWJzYmBnoQfqY5pYEDNCuFEwskSSh28FqPALed2fIRXv6UCQyQxBG_HhFqL_x7ZJaay1oGCVOpCHn_u0ehCtbI2Cm_TWaTeIKp_4pGU-vmqtk52E_9xXJZ14lL0m0sTWBdaKE/s1600/dare-to-be-different.jpg


Oke.. segini dulu ya di artikel pembuka tentang Branding. Ketemu lagi di tulisan berikutnya.. salam kreatif! :D 




Bantu Blog ini! Untuk membantu kelangsungan hidup blog ini klik di sini

3 komentar:

Ridho said...

artikelnya masih pembukaan ya mol...
ditunggu artikel intinya.. :D

Toma said...

@ ridho: iya do hehehe.. siipp.. intinya kapan ya? haaahaa..

urikahcaiazzo said...

How To Play Slots With a Real Money Casino - Dr. MD
The casino 경상북도 출장마사지 has 동두천 출장샵 a variety of 부산광역 출장마사지 slots available to players 고양 출장마사지 on 목포 출장샵 most mobile devices. The game consists of a game called progressive jackpot. Slot players can play the game on

© 2011 Pekerja Kreatif, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena