kreatif pada tempatnya;

PHP, CI, htaccess.. Makhluk apa itu?! -__-"

Saya minggu-minggu ini sedang mengalami gegar budaya, bahkan gegar otak hehehe, kenapa?


Semenjak saya kuliah di program alih jenjang D3-D4 ITB kerjsama Seamolec batch 6, saya mendapat banyak ilmu baru yang tidak pernah dipelajari sebelumnya. Latar belakang jurusan saya sebelumnya adalah desain grafis, lalu sebelum kami ke ITB, kami harus menjalani program matrikulasi di Seamolec dan ternyata yang saya dapat adalah ilmu IT, semacam Java, PHP, CI, HTML5, dan hal lain yang berhubungan dengan IT tentunya. Saya sebenarnya mengambil jurusan Kewirausahaan Sekolah Bisnis Manajemen ITB, mungkin karena memang orang-orang di Seamolec banyak yang latar belakang IT sehingga matrikulasinya pun berbau IT, dan memang yang diinginkan adalah Technopreneur kalau berbicara apa hubungannya sama jurusan kewirausahaan saya nanti. Sebagai Entrepreneur dalam bidang teknologi kreatif, ya saya harus tahu juga basic mengenai teknologi itu sendiri. So saya tetap berusaha memahami, walau saya mengalami keram otak dari kemarin karena mencoba memahami bahasa planet itu -__-". Gegar budaya, semacam orang norak yang baru memasuki dunia yang amat baru baginya! Jet-lag hahaa.. 


Tapi, yasudahlah ya, sudah tercebur dan nampaknya asik juga belajar bahasa planet begini, bisa jadi saya malah ketagihan sama beginian hihihi. Okelah ya, curhatnya segitu aja :p, sekarang saya mau kerjain tugas dulu nih. Tugasnya membahas mengenai PHP, CI, dan .htacces. Lanjut ke bawah ya...


Apa sih PHP itu?
PHP: Hypertext Preprocessor[1] adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML.[2][3] PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMSPada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.(Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/PHP)


Oke, kalau anda sama seperti saya bukan dari jurusan IT sebelumnya, mohon dibaca aja dulu. Ngerti nggak ngerti soal belakangan. Berikutnya kita akan bahas CI.


Kalau CI itu apa masbro?
CodeIgniter (CI) adalah aplikasi open source yang berupa framework dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP. CodeIgniter memudahkan developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal. (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/CodeIgniter)


Ngerti kan? hehe.. ini baru pengertian/teorinya, nanti kita lihat prakteknya ya. Terakhir, kita akan bahas mengenai htaccess


Apa lagi itu .htaccess?

Ada beberapa pengertian mengenai  .htaccess, seperti :


 1. File .htaccess adalah file konfigurasi yang disediakan oleh web server Apache, yang biasanya digunakan untuk mengubah settingan default dari Apache. Kita   ketahui bahwa sebagian besar hosting web di internet menggunakan Apache sebagai servernya sehingga bagi para pengelola web / webmaster sedikit banyak   harus belajar tentang .htaccess agar kita bisa mengubah settingan default dari server.


 2. File .htaccess merupakan file teks ASCII sederhana yang biasanya diletakkan dalam root direktori. File ini diharuskan dalam format ASCII dan bukan binary   dan untuk file permission (atribut file) pada server hosting harus di set 644 (rw-r-r). Hal tersebut dimaksudkan agar server dapat mengakses file .htaccess, tapi   mencegah user untuk mengakses file .htaccess dari browser mereka. File .htaccess yang diletakkan dalam root direktori dapat digunakan untuk mengubah   konfigurasi dari subdirektori-subdirektori yang ada didalamnya, sehingga dalam satu website biasanya kita cukup untuk mempunyai 1 file .htaccess saja yang  diletakkan dalam root direktori.


 3. Kode perintah dalam file .htaccess harus ditempatkan dalam satu baris, jadi apabila kita membuat file .htaccess dengan menggunakan text editor seperti   notepad maka kita harus mendisable fungsi word wrap (memotong baris) terlebih dahulu.
(Sumber: http://member.iixmedia.com/knowledgebase/44/apakah-htaccess-itu.html)


Oke deh temen-temen, saya juga dibuat melongo dengan pengertiannya.. apalagi nanti prakteknya *nangis guling-guling*. Tapi, jangan menyerah sebelum berperang dan terbunuh hehehe. Doakan saya ya temen-temen biar cepet ngerti beginian :D *tos!*.

1 komentar:

Indra Al Sasak said...

Mantab...
Gua googleling malah di bawa ke website pekerjakreatif...hehehe
awalnya mau ta close langsung windownya... teneeeeeeng malah muncun photo orang yang gak asing buat saya,,,hehehe
ternyata blog-nya si maulana salah satu teman seperjuangan di ITB-Seamolec...
Semangad gan...
jangan lupa mampir juga di http://itsasak.blogspot.com

© 2011 Pekerja Kreatif, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena