kreatif pada tempatnya;

HTML dan CSS

Yap, temen-temen.. kemarin saya belajar lagi tentang bahasa pemrograman. Terjadi keram otak untuk keberapa kalinya *tepok jidat*, tapi kemarin lebih enak sih mulai ada yang dipahami :p. Belajarnya jadi lebih terstruktur, karena kemarin kita mulai dari belajar HTML lalu CSS. Inilah dasar-dasar dari pemrograman website. So, jadi lo buat website mol? Iya.. hehe.. asyik ya.. semoga nanti bisa bikin web! *semangat!*.


Yuk sekarang kita bahas materi tentang HTML dan CSS.


Apa itu HTML?
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/HyperText_markup_language)


Apa itu CSS?
Cascading Style Sheet (CSS) merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam.
Sama halnya styles dalam aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya headingsubbab,bodytextfooterimages, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa berkas (file).[1] Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.[1]
CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouseover, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya.[1] CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen.[2] Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda. (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Cascading_Style_Sheets


Wah, seru ya! saya berharap bisa buat web-web yang bagus semacam yang ada di link ini: http://naldzgraphics.net/inspirations/grid-website-designs/ . Gimana ya caranya? :d ..


Oke temen-temen, segini dulu materinya. Kita lihat nanti perkembangan berikutnya dari awam yang dulu jurusan desain grafis, sedang belajar menjadi programmer ngoding bahasa planet :p.

0 komentar:

© 2011 Pekerja Kreatif, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena